Mendengarkan Musik Bisa Mengatasi Gangguan Tidur, Benarkah?

Home / Gaya Hidup / Mendengarkan Musik Bisa Mengatasi Gangguan Tidur, Benarkah?
Mendengarkan Musik Bisa Mengatasi Gangguan Tidur, Benarkah? ILUSTRASI - Mendengarkan Musik Sambil Tidur. (FOTO: Beauty Journal - Sociolla)

TIMESHALMAHERA, JAKARTA – Banyak orang minum obat untuk mengobati gangguan tidur, tetapi beberapa obat mungkin memiliki efek samping. Selain menggunakan obat, Anda juga bisa mengatasi susah tidur dengan mendengarkan musik, lho.

Menurut penelitian terbaru, musik banyak digunakan orang untuk gangguan tidur. Penelitian ini dilakukan oleh Tabitha Trahan dan rekan-rekannya dari University of Sheffield, Inggris dan diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Para peneliti melakukan survei online tentang penggunaan musik sebagai alat bantu pada masyarakat umum.

Survei ini mencakup musikalitas, kebiasaan tidur, dan tanggapan tentang musik apa yang dapat mengatasi gangguan tidur dan alasannya.

Hasil survei tersebut adalah terdapat 62 persen dari 651 responden yang melaporkan bahwa mereka mendengarkan musik untuk membantu mengatasi gangguan tidur. Namun, penelitian ini belum sempurna karena masih ada kekurangan data tentang seberapa luas musik dapat digunakan, mengapa orang memilih musik sebagai alat bantu tidur, atau seberapa ampuh mendengarkan musik untuk mengatasi gangguan tidur.

Selain mengatasi gangguan tidur, responden juga mengungkapkan musik bisa meningkatkan kualitas tidur mereka.

Musik tak sekadar menyenangkan untuk didengar, tapi juga berpengaruh pada sistem saraf parasimpatik. Saraf inilah yang membantu Anda agar rileks dan bersiap tidur.

Lagu-lagu yang lembut bisa menjadi pengantar tidur yang baik. Mendengarkan musik klasik dan jazz juga banyak menjadi pilihan untuk mengatasi gangguan tidur(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com